Sabtu, 15 Juni 2019

mengenal dan cara kerja sistem injeksi (Fuel Injection )

 Hasil gambar untuk fuel injection
Sekarang semua kendaraan yang terbaru sudah di buat dengan menggunakan sistem injeksi / Fuel Injection system. Sistem bahan bakar injeksi hadir untuk menghilangkan kelemahan sistem karburator.Kalau sebelumnya pada sistem bahan bakar karburator jumlah pasokan bahan bakar hanya tergantung dari kevakuman yang terjadi di venturi karburator, maka sistem EFI lebih cerdas.
Ia akan mengamati seluruh keadaan mesin melalui sejumlah sensor, menganalisa memakai komputer, dan kemudian menyemprotkan bahan bakar dalam jumlah tepat sesuai kebutuhan via injektor.


PENGERTIAN FUEL INCECTION


 Fuel Injection merupakan teknologi terbaru dalam sistem bahan bakar yang berfungsi sebagai pengganti fungsi karburator, yakni mengkarburasikan bahan bakar dengan udara. Berbeda dengan karburator, metode pengkarburasian fuel injection secara dasar yakni dengan menginjeksikan bahan bakar ke intake manifold atau ruang bakar dengan kontrol elektronik. Sehingga kesempurnaan pada saat mengkarburasikan bahan bakar lebih baik dan kepresisian kebutuhan bahan bakar yang dikarburasikan lebih baik pula.


Injeksi bahan bakar (Fuel Injection) adalah sebuah sistem untuk memasukkan bahan bakar ke mesin pembakaran internal. Hal ini telah menjadi sistem pengiriman bahan bakar utama yang digunakan dalam mesin otomotif, telah mengganti karburator selama tahun 1980 dan 1990-an. Berbagai sistem injeksi telah ada sejak penggunaan awal dari mesin pembakaran internal. Perbedaan utama antara karburator dan injeksi bahan bakar adalah
bahwa injeksi bahan bakar mengatomisasi (atomizes) bahan bakar dengan paksa memompa melalui nozel kecil di bawah tekanan tinggi, sementara karburator bergantung pada hisap yang diciptakan oleh udara masuk yang dipercepat melalui tabung venturi untuk menarik bahan bakar ke dalam aliran udara. Sistem injeksi bahan bakar modern dirancang khusus untuk jenis bahan bakar yang digunakan. Beberapa sistem dirancang untuk bahan bakar multiple grade (dengan menggunakan sensor untuk menyesuaikan penyeteman untuk bahan bakar yang digunakan). Kebanyakan sistem injeksi bahan bakar diaplikasikan untuk bensin atau solar.



CARA KERJA SISTEM INJEKSIIlustrasi sistem pengabutan bahan bakar injeksi

Pada dasarnya, prinsip kerja sistem injeksi adalah mengontrol aliran bahan bakar secara elektronik, mulai dari tangki hingga masuk ke ruang bakar.
Aliran bahan bakar ini diproses dalam bentuk kabut dengan volume, sesuai permintaan mesin sehingga teknologi ini lebih irit dari teknologi pengabut bahan bakar karburator.
Otak pengontrolnya adalah ECU (Engine Control Unit) atau di motor-motor Honda biasa disebut ECM (Engine Control Modul).

"Ketika kunci kontak di posisi On, pompa bahan bakar atau fuel pump akan bekerja selama 2 detik dan memberi tekanan pada selang bahan bakar.
Setelah mesin di-start, sensor-sensor seperti throttle position sensor (TPS), intake air temperature (IAT), manifold air pressure (MAP), engine oil temperature (EOT), dan O2 sensor memberikan input ke ECM.

Berikut adalah pengertian serta sisitim kerja pada injeksi :)
smoga bermanfaat yaa guys :) see u latter :)

DAFTAR AGEN BANDAR CEME OYOPOKER

DAFTAR AGEN BANDAR CEME OYOPOKER Haloo, salam sejahtera para maniak poker, di manapun anda berada berjumpa kembali bersama  OYO...