Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Untuk
UKM ( Usaha Kecil Menengah ) di Indonesia
pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 56 juta usaha. Dari jutaan UKM
yang telah merayapi dunia kerja di Indonesia, terdapat 107 juta manusia
yang telah menggantungkan hidupnya pada UKM tersebut. Melalui UKM ini
masyarakat Indonesia dituntut untuk lebih kreatif. Kreatif dalam
menciptakan produk hingga memasarkan produk. Namun dari jutaan UKM yang
telah menyebar di seluruh daerah Indonesia, Bagaimana cara Anda sebagai
salah satu pemilik UKM dalam membangun strategi pemasaran? Apakah
strategi pemasaran yang Anda terapkan sudah tepat dan terbukti ampuh?
Dari jutaan UKM di Indonesia, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja.
Melalui pemasaran online ini, jangkauan menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk Anda dimanapun mereka berada selama terdapat internet untuk mengaksesnya. Pemasaran secara online ini memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk konsumennya, diantaranya kemudahan dalam memilih barang, pembayaran, dan pelanggan tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke toko. Pelanggan cukup duduk manis di rumah bersama gadget dan akses internetnya untuk mengakses toko virtual Anda.
Jadi kesimpulannya, Anda perlu menjalankan strategi pemasaran online UKM!
Terapkan strategi pemasaran online ini untuk UKM yang lebih berkembang dan dicari oleh pelanggan.
STRATEGI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF UNTUK UKM
> Google adwords
Google adwords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan menggunakan mesin pencarian google. Google adwords ini juga disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM).
> SEO
Search Engine Optimization (SEO) yaitu proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian dari sebuah pencarian. Jadi dengan mneggunakan SEO maka situs web yang kita miliki berada pada posisi teratas.
> Facebook ads
Facebook ads ini salah satu fitur beriklan yang ditawarkan oleh facebook. Kita dapat mengiklankan suatu fan page yang sebelumnya sudah dibuat dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.
> Social media
Gunakan social media sebagai media untuk berpromosi. Pengguna media sosial diketahui dari tahun ke tahun semakin meningkat. Itu peluang besar bagi kita untuk mengiklankan usaha di media sosial. Dengan begitu produk/ jasa yang kita tawarkan semakin dikenal oleh banyak orang.
Itulah strategi pemasaran online yang efektif untuk UKM. Jika Anda salah satu pelaku UKM, terapkan strategi diatas untuk menuju UKM yang maju dan sukses.
Jika bisnis UKM anda ingin tersebar luaskan dan meraih kesuksesan, lakukan lah strategi di atas :) karna kesuksessan tidak datang begitu saja:) trimakasih, smoga bermanfaat :)
Dari jutaan UKM di Indonesia, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja.
Melalui pemasaran online ini, jangkauan menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk Anda dimanapun mereka berada selama terdapat internet untuk mengaksesnya. Pemasaran secara online ini memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk konsumennya, diantaranya kemudahan dalam memilih barang, pembayaran, dan pelanggan tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke toko. Pelanggan cukup duduk manis di rumah bersama gadget dan akses internetnya untuk mengakses toko virtual Anda.
Jadi kesimpulannya, Anda perlu menjalankan strategi pemasaran online UKM!
Terapkan strategi pemasaran online ini untuk UKM yang lebih berkembang dan dicari oleh pelanggan.
STRATEGI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF UNTUK UKM
- Wajib bagi Anda untuk memiliki toko virtual, baik milik sendiri atau melalui perantara. Untuk mendapat pengunjung yang menjadi calon konsumen Anda, terapkan strategi pemasaran online pada poin-poin selanjutnya.
- Gunakan Facebook sebagai media periklanan.
- Blogging
- Jalankan email marketing.
- Gunakan situs penyedia iklan.
> Google adwords
Google adwords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan menggunakan mesin pencarian google. Google adwords ini juga disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM).
> SEO
Search Engine Optimization (SEO) yaitu proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian dari sebuah pencarian. Jadi dengan mneggunakan SEO maka situs web yang kita miliki berada pada posisi teratas.
> Facebook ads
Facebook ads ini salah satu fitur beriklan yang ditawarkan oleh facebook. Kita dapat mengiklankan suatu fan page yang sebelumnya sudah dibuat dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.
> Social media
Gunakan social media sebagai media untuk berpromosi. Pengguna media sosial diketahui dari tahun ke tahun semakin meningkat. Itu peluang besar bagi kita untuk mengiklankan usaha di media sosial. Dengan begitu produk/ jasa yang kita tawarkan semakin dikenal oleh banyak orang.
Itulah strategi pemasaran online yang efektif untuk UKM. Jika Anda salah satu pelaku UKM, terapkan strategi diatas untuk menuju UKM yang maju dan sukses.
Jika bisnis UKM anda ingin tersebar luaskan dan meraih kesuksesan, lakukan lah strategi di atas :) karna kesuksessan tidak datang begitu saja:) trimakasih, smoga bermanfaat :)