Saat Anda baru memulai karier
Anda, memikirkan karier Anda saat lima atau 10 tahun ke depan mungkin
tampak luar biasa. Bagaimana Anda bisa menentukan arah Anda ingin pergi
ketika Anda baru saja memulai karier Anda? Cara terbaik untuk mengatasi
kecemasan bagi para mereka yang baru pertama kali ataupun yang sudah
memulai dalam bekerja adalah dengan menetapkan tujuan Anda. Tujuan
inilah yang akan memberikan Anda arahan dalam perjalanan karier Anda.
Berikut adalah proses-proses dalam menentukan tujuan Anda :
1. Tentukan Tujuan Karier yang Spesifik
Ketika Anda berhadapan dengan tujuan karier, tidak apa-apa untuk
memikirkan tentang sebuah gambaran besar. Bahkan, Anda harus mengakui
potensi yang Anda miliki. Karena hal ini merupakan cara yang bagus untuk
membentuk kesuksesan masa depan Anda. Tetapi cara terbaik untuk menetapkan tujuan yang dapat dicapai
adalah dengan mempersempit fokus Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan
hal yang ingin Anda lakukan dalam jangka panjang dilanjutkan dengan
tujuan karier tertentu yang dapat Anda capai dalam satu hingga dua
tahun. Misalnya, jika saat ini Anda adalah staf eksekutif pada tim
penjualan dan Anda ingin mengelola tim suatu saat nanti, tujuan spesifik
Anda mungkin adalah menjadi manajer penjualan dalam satu tahun.
Memiliki tujuan itu akan memberi Anda arah yang jelas dalam jalur karier
Anda dan juga menyiapkan Anda untuk mencapai posisI sebagai manajer seiring perjalanan karier Anda.
2. Buat Garis Besar Langkah-Langkah yang Harus Diambil
Setelah Anda menentukan tujuan Anda, saatnya untuk membuat rencana yang
akan membantu Anda mencapainya. Ini termasuk juga dengan mengetahui
keterampilan dan pengalaman yang Anda perlukan untuk mencapai tahap
berikutnya dalam karier Anda, dan juga memahami jalur yang akan Anda
hadapi dalam perjalanan ke sana.
Kembali ke contoh penjualan, jika Anda tahu bahwa menjadi manajer akan
mengharuskan Anda untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, maka
salah satu langkah dalam rencana Anda adalah duduk bersama dengan klien
dalam pertemuan. Dengan begini Anda dapat mempertajam keterampilan Anda
dan Anda dapat menentukan pendekatan terbaik dalam situasi apapun.
3. Mintalah Saran dari Manajer atau Mentor Anda
Cara terbaik untuk menyempurnakan rencana Anda, dan untuk memastikan
bahwa Anda mengambil semua langkah yang diperlukan untuk berhasil,
adalah dengan meminta saran dari manajer atau mentor Anda. Jangan takut
untuk memberitahu mereka tentang sasaran karier Anda - bagaimanapun
juga, bagian dari pekerjaan mereka adalah memastikan bahwa Anda terus
tumbuh dan belajar - tetapi bersiaplah dengan rencana tindakan yang
jelas. Ini akan membantu mereka memahami tujuan Anda dan memberi Anda
umpan balik yang efektif tentang hal yang dapat Anda lakukan untuk
mencapai tujuan Anda.
4. Siapkan Diri Anda untuk Sukses
Setelah Anda menerima umpan balik dari manajer Anda dan memantapkan
rencana Anda, sekarang saatnya untuk fokus pada hal-hal lain yang dapat
Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan Anda. Ini termasuk bekerja
dengan rutinitas harian yang efektif, mengatur waktu Anda dengan baik
dan tetap teratur. Jika hal ini dilakukan dengan baik, hal-hal ini akan
membuat Anda efisien dalam peran Anda saat ini sementara juga
menunjukkan kepada manajer Anda bahwa Anda memiliki kemampuan dan
keinginan untuk bergerak maju.
Dengan mengetahui cara menetapkan sasaran karier dan membuat rencana
untuk mencapainya, Anda akan dapat membentuk jalur karier Anda dan
berakhir di pekerjaan impian, bahkan Anda dapat mencapainya lebih cepat
dari yang Anda perkirakan. demikian lah langkah menentukan tujuan karir untuk sukses