Haloo bosku :) masih sekitaran bisnis bos:)-Teknologi telah mengubah kebiasaan manusia dalam
bekerja. Kini dengan adanya teknologi, para pebisnis maupun karyawan
dapat dengan mudah mengatur jadwal kerja harian dan menyelesaikan
tanggung jawab dengan efisien.
Namun, sebagai pemilik bisnis, kamu juga harus bijaksana
dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Gunakan teknologi yang dapat
mempermudah pekerjaan dan meningkatkan produktivitas kerja. Nah, berikut macam-macam aplikasi yang cocok untuk para entrepreneur.
1. Evernote.
Evernote merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menulis dan
membagikan catatan Anda, mengatur dokumen yang Anda simpan, dan masih
banyak lainnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat
membuat catatan anda tersimpan dengan rapi. Ketika Anda telah menyimpan
catatan maka data itu disimpan juga di server Evernote. Meskipun Anda
menyimpannya di Smartphone, catatan Anda bisa diakses lewat Desktop juga loh :)
Catatan
juga dapat dibagikan ke teman maupun rekan kerja Anda. Aplikasi ini
dapat Anda install di perangkat mobile seperti Android, iOS maupun di
Desktop. Untuk desktop tersedia juga di Windows dan macOS. Catatan Anda
dapat diakses melalui Web Browser untuk kemudahan Anda dalam bekerja.2. Office.
Aplikasi Office besutan Microsoft selalu menjadi pilihan utama dalam
membuat surat-surat, dokumen penting suatu perusahaan. Kemudahan dalam
penggunaan juga menjadi faktor utama sebuah aplikasi. Office versi
terbaru yaitu Office 365 yang merupakan versi cloud yang disediakan oleh
Microsoft. Fitur baru yang ada yaitu Anda dan teman kerja bisa mengedit
dokumen yang sama di saat yang bersamaan. Anda juga dapat menggunakan
Word, PowerPoint, Excel secara online dengan Web Browser. Aplikasi ini
dapat Anda install di PC, Mac, maupun perangkat mobile seperti Android,
iOS, dan Windows 10 Mobile.
3. Trello.
Trello merupakan aplikasi yang sangat tepat bagi Anda ketika bekerja
dalam tim. Anda dapat melakukan kolaborasi tanpa harus terikat dengan
ruangan atau tempat. Anda dapat mengelola project, mengatur prioritas
pekerjaan, maupun melihat hal yang dikerjakan rekan kerja Anda. Aplikasi
ini cukup bagus untuk mengorganisir pekerjaan bersama tim Anda.
Aplikasi kerja ini memungkinkan untuk memonitor dan melacak berbagai
proyek secara bersamaan—terutama jika proyek melibatkan banyak orang
dari banyak divisi atau kantor cabang. Tampilan visualnya sangat cocok
untuk proyek dalam grup besar.
Setiap user yang terlibat dalam proyek dapat menambahkan informasi, memberi komentar, atau mengunggah dokumen dari PC, Dropbox, atau Google Drive. Prioritas setiap pekerjaan dapat diatur, dan alur pekerjaan menjadi lebih jelas, efektif, dan efisien. Anda tidak perlu rapat untuk membagi-bagi tugas, memberi briefing, menentukan waktu, atau memberikan update mengenai status pekerjaan masing-masing anggota tim. Semua itu bisa dilakukan hanya lewat dashboard Trello Anda (oktagon).
Setiap user yang terlibat dalam proyek dapat menambahkan informasi, memberi komentar, atau mengunggah dokumen dari PC, Dropbox, atau Google Drive. Prioritas setiap pekerjaan dapat diatur, dan alur pekerjaan menjadi lebih jelas, efektif, dan efisien. Anda tidak perlu rapat untuk membagi-bagi tugas, memberi briefing, menentukan waktu, atau memberikan update mengenai status pekerjaan masing-masing anggota tim. Semua itu bisa dilakukan hanya lewat dashboard Trello Anda (oktagon).
4. Skype.
Skype juga merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan
panggilan telepon secara individu maupun grup, terhubung melalui video
chat, atau mengirim pesan singkat kepada teman kerja Anda. Fitur lainnya
yang ada di Skype yaitu fitur Screen sharing yang dapat menunjukkan apa
yang ada di layar komputer Anda sehingga semakin mudah untuk
berkolaborasi dengan teman kerja atau keluarga Anda. Ada juga fitur
Video chat dimana Anda dapat melihat secara langsung teman yang Anda
hubungi lewat layar komputer maupun smartphone Anda. Anda juga dapat
menghubungi nomer telepon yang bukan pengguna Skype seperti panggilan
internasional ke luar negri tanpa menggunakan paket data atau koneksi
internet dengan fitur Skype To Go. Skype juga dapat Anda gunakan di PC, Mac,
Linux maupun perangkat smartphone seperti Android, iPhone, dan Windows
10 Mobile.
5.Buffer.
Buffer merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan
posting dan memanajemen marketing sosial media Anda. Anda dapat
menjadwalkan posting semua akun sosial media Anda dan Buffer akan akan
mem-publish-nya secara otomatis berdasarkan jadwal yang sudah Anda buat.
Anda pun dapat menganalisa lebih lanjut tentang posting yang anda share
di sosial media. Dengan analitik yang efisien, Buffer mempermudah Anda
untuk menjadi ahli data dan dengan cepat menentukan jenis konten mana
yang menarik audiens Anda. Dengan demikian Anda dapat juga menentukan
waktu yang tepat untuk posting di sosial media.
Nah, itulah rekomendasi aplikasi yang dapat meningkatkan
produktivitas kerja entrepreneur kamu. Jika kamu belum mengunduhnya, segera
download dan coba menggunakannya. Manfaatkan aplikasi tersebut dengan
baik untuk mempermudah aktivitas bisnis sehari-hari anda.
Dengan adanya aplikasi maka Anda dapat menghemat waktu Anda dalam
bekerja. Luangkan waktu Anda untuk mempelajari aplikasi yang telah anda unduh sehingga Anda dapat menggunakannya secara efektif. Semoga beberapa aplikasi tentang produktivitas kerja ini menjadi referensi Anda dan
semakin meningkatkan produktivitas kerja Anda. :)